Kucing emas: si polos diantara yang bercorak

kucing emas, mengapa dinamakan kucing emas? apakah karena di bagian tubuhnya terdapat emas nan berkilau? pada matanya kah atau pada bulunya? kucing emas Pardofelis temminckii atau dikenal juga dengan nama inggrisnya Asiatic Golden cat adalah jenis kucing liar yang mendiami hutan-hutan alam di benua asia. Tubuhnya yang polos membuat kucing emas terlihat unik diantara jenis kucing liar lain yang pada umumnya memiliki corak khas, seperti pola loreng pada harimau dan pola titik-titik pada kucing congkok. Di dunia ada dua jenis kucing emas; kucing emas asia dan kucing emas afrika. Warna tubuh kucing emas yang paling umum adalah merah fox hingga coklat keemasan, namun warna hitam dan abu-abu diketahui adalah variasi warna dari kucing emas. Dilaporkan bahwa di China ditemukan kucing emas dengan variasi warna abu-abu dengan corak terlihat mirip dengan Ocelot, sehingga oleh para ahli dikategorikan sebagai anak jenis dari kucing emas.

Kucing emas dewasa memiliki berat 8.5-15 kg membuatnya masuk ke dalam kategori kucing liar ukuran medium. Kucing emas jantan juga diketahui memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kucing emas betina. Makanan kucing emas umumnya adalah hewan pengerat seperti tupai, mamalia kecil seperti kancil serta jenis-jenis amphibi. Dari sampel kotoran kucing emas di Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh dan Sumatera Utara, diketahui kucing emas telah memangsa kijang dan tikus. Catatan lain dari Vietnam utara menunjukkan bahwa kucing emas juga memangsa babi hutan, rusa sambar dan anak kerbau. Hal ini berarti bahwa mangsa kucing emas cukup besar dari hewan herbivora ukuran besar hingga hewan pengerat kecil seperti tikus.

Masa hidup kucing emas diperkirakan dapat mencapai 20 tahun, dengan masa matang seksual bagi jantan dan betina adalah mulai umur 2 tahun. Jumlah anak yang dilahirkan rata-rata 3 individu dan masa kehamilan adalah 80 hari.

Habitat kucing emas terutama adalah hutan alam baik hutan alam tropis maupun sub tropis. Berkebalikan dengan kucing congkok yang banyak ditemukan pada hutan yang terbuka, kucing emas lebih menyukai hutan yang masih tertutup rapat sehingga bisa dikatakan bahwa keberadaan kucing emas pada suatu kawasan hutan menandakan kondisi tutupan hutan yang masih baik. Kucing emas jarang ditemukan pada areal hutan yang terbuka seperti semak-semak dan padang rumput.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kucing emas lebih sering ditemukan di hutan-hutan dataran rendah. Namun Wang pada tahun 2007 berhasil mendokumentasikan keberadaan kucing emas dengan camera trap pada ketinggian 3,738 mdpl di Taman Nasional Jigme Sigye Wangchuk, Bhutan.

Di Lanskap Tesso Nilo Bukit Tigapuluh di bagian tengah Pulau Sumatera, keberadaan kucing emas ditemukan di Suaka Margasatwa Rimbang Baling dan Hutan Lindung Bukit Batabuh-Bukit Sosa (koridor Rimbang Baling-Bukit Tigapuluh) namun tidak ditemukan di blok hutan Tesso NiloSuaka Margasatwa Kerumutan dan Kampar Peninsula. Keberadaan kucing emas diperoleh dari camera trap yang dipasang oleh tim survei dan monitoring harimau sumatera WWF Indonesia sejak Desember 2004. Informasi ini menjelaskan bahwa preferensi habitat habitat kucing emas mencakup daerah peralihan antara dataran rendah ke dataran tinggi (koridor Rimbang Baling Baling-Bukit Tigapuluh) dan hutan-hutan berbukit. Sedangkan hutan dataran rendah seperti Tesso Nilo dan hutan rawa gambut Kerumutan dan Kampar Peninsula tidak menjadi pilihan habitat bagi kucing emas.

Total ada 199 foto termasuk video kucing emas yang diperoleh dari camera trap sejak akhir tahun 2004 hingga februari 2012. SM Rimbang Baling menjadi wilayah hutan dimana kucing emas paling sering terdokumentasikan yaitu 109 foto; 3 foto dari survei tahun 2006 dan 106 foto dari survei tahun 2011 (november)-2012 (februari). Dari foto-foto tersebut, kucing emas terekam aktif dominan pada siang hari, mulai jam 6 pagi hingga jam 5 sore (72 foto) sedangkan ada 37 foto kucing emas yang diperoleh dari jam 9 malam-4 pagi. Pada wilayah Hutan Lindung Bukit Batabuh-Bukit Sosa (Koridor RB-B30), diperoleh 91 foto (termasuk video) kucing emas dengan mas aktif pagi hari (6.00-17.00) adalah 61 foto dan masa aktif malam hari (7 malam-5 pagi) ada 29 foto. Secara umum kucing emas lebih sering aktif saat matahari bersinar dibanding malam hari.

prilaku kucing emas yang terekam kamera

prilaku kucing emas yang terekam kamera

Kucing emas termasuk satwa dilindungi berdasarkan UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Dalam lampiran PP No. 7 Tahun 1999, kucing emas berada pada nomor urut 26. Jika melihat daftar merah jenis-jenis satwa liar, maka kucing emas termasuk kategori Near Threatened (NT) atau hampir terancam. Hasil penilaian tahun 2008 ini mengalami peningkatan satu level yaitu dari hasil penelitian yang dilakukan tahun 2002 dengan kategori Vulnerable (VU) atau rentan. Hal ini mengindikasikan bahwa kondisi kucing emas di alam lebih baik di tahun 2008 dibanding tahun 2002.

 

Beberapa survei yang dilakukan menunjukkan bahwa informasi tentang kucing emas lebih banyak diperoleh dibandingkan jenis-jenis kucing kecil liar lainnya (kucing congkok dan kucing bulu). Berdasarkan hasil studi dengan camera trap; distribusi, home range dan kelimpahan relatif kucing emas mirip dengan macan dahan. Meski publikasi tentang populasi kucing emas tidak banyak tersedia, populasi kucing ini dipercaya mengalami penurunan.

Ancaman terhadap keberlangsungan hidup jenis kucing liar ini utamanya dari kehilangan habitat akibat deforestasi. Selain itu, perdagangan kulit dan tulang kucing emas juga menjadi alasan kucing ini banyak diburu dan dijerat.

Negeri ini akan sangat kehilangan jika kucing emas sampai punah. Sebagai satwa karnivor, kucing emas memainkan peran penting dalam ekosistem hutan perbukitan di Sumatera.

Pustaka

Nowell and Jackson, 1996. Wild Cats Status Survey and Action Plan

IUCN Red List http://www.iucnredlist.org/details/4038/0

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s