September dan Grid 012

Di bulan September, tim melakukan pengecekan kamera untuk sampel pertama. Sampel pertama maksudnya adalah film pertama yang diinstal untul bulan pertama survei. Untuk survei dengan kamera intai, durasi waktu yang kami pakai di Tesso Nilo adalah 3 bulan untuk satu periode sample. Selain mengambil hasil sample pertama dan menggantinya dengan film kedua serta perbaruan batterei, hal penting yang dicek oleh tim adalah kondisi kamera. Jika bermasalah maka diusahakan diperbaiki ditempat. Tapi jika kerusakannya parah maka kamera tersebut diganti dengan kamera cadangan yang telah disiapkan oleh tim.

 

Pagi itu, tanggal 19 September, Fendy bersama Cik.Aman bergerak meninggalkan camp untuk melakukan pengecekkan kamera pada grid O12. Namun setibanya di lokasi kamera, Fendy dan Cik.Aman terkejut, Kameranya hilang !! yah , sepasang kamera yang dipasang pada bulan Juli lalu sudah tidak ada lagi, hilang tanpa bekas.

 

sedihnya fendyFendy hanya bisa termenung melihat kedua kamera sudah tidak lagi ada ditempatnya. Rasa letih karena berjalan seharian biasanya langsung sirna ketika menjumpai kamera yang terpasang dalam kondisi aktif dan counter film menunjukkan angka besar, lebih baik lagi nol (0) karena itu berarti hasil jepretan banyak. Meskipun kasus kamera yang hilang dicuri bukan yang pertama kali terjadi sejak kegiatan survey dan monitoring harimau Sumatra di Lanskap Tesso Nilo-Bukit Tigapuluh, tim tetap merasa sedih dan nelangsa. Kami tidak hanya kehilangan alat survey, tapi yang lebih penting adalah hasil jepretan yang merupakan informasi berharga. Tim memperkirakan kedua kamera tersebut diambil oleh salah satu perambah dari desa Pangkalan Gondai. Mungkin mereka merasa curiga dengan kamera kami dan khawatir kalau mereka akan akan terkena masalah karena kamera tersebut, sehingga mereka mengambilnya. Sekitar 4-6 Km dari lokasi kamera terpasang, perambahan memang sedang terjadi. Kami hanya tidak menyangka bahwa para perambah akan bergerak sangat cepat dan merambah hutan cukup luas dalam waktu yang singkat hingga mendekati lokasi kamera kami. Meskipun informasi tentang kamera untuk keperluan studi terpasang pada masing-masing kamera, himbauan tersebut ternyata tidak cukup ampuh bagi para perambah untuk tidak mengganggu kamera kami.

 

Lelah dan sedih seakan terobati saat tim menemukan tanda keberadaan Panthera tigris sumatrae (harimau sumatera). tiger's pugmarkBerdasarkan lokasi jejaknya, maka harimau ini pernah berada di pinggir grid T13. Mengetahui hal ini kami langsung merasakan semangat kami kembali penuh 100%. Kamera kami juga dipasang di grid T13 dan kenyataan bahwa jejak tersebut menuju arah grid T13, besar harapan kami harimau ini terfoto oleh kedua kamera pada grid T13 tersebut. Temuan jejak ini kami dokumentasikan dengan menggambarnya di plastik transparan beserta keterangan tentang jejak tersebut.

 

 

 

enjoy the adventure

save the tiger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s