Harimau Sumatra Hanya No. 5

Diantara enam (6) sub spesies harimau yang masih bertahan hidup, harimau sumatra merupakan sub jenis harimau yang paling terancam keberadaannya dengan memegang status diambang kepunahan (critically endangered).  Sementara jumlahnya di alam diperkirakan terus menyusut karena pembukaan hutan, kelangkaan mangsa, perburuan dan perdagangan serta konflik dengan manusia, harimau yang menduduki puncak rantai makanan di ekosistem Sumatra ini hanya menduduki urutan ke 5 spesies prioritas nasional berdasarkan Pedoman Spesies P57_08

Penginnya sih harimau prioritas no. 1 jadi sedikit kecewa juga dengan hasil urutan dari PP ini. But hey, mari ambil sisi positifnya saja. Negeri kita dianugerahi dengan kekayaan alam yang sangat melimpah ruah, sampai bikin negara-negara lain iri. Termasuk di dalamnya adalah kekayaan fauna. Harimau Bengal saja musti dibagi oleh empat negara: India, Nepal, Bhutan dan Bangladesh. Sedangkan di negara kita saja, hanya di Indonesia, pernah punya 3 anak jenis harimau: harimau sumatra, harimau jawa dan harimau bali! kurang apa lagi coba? kalo kekayaan aku pikir cukup lah ya. Nah yang masih kurang adalah semangat, komitmen dan usaha kita untuk menyelamatkan dan melindungi harimau sumatra, anak jenis harimau terakhir yang kita punya.

Badan Konservasi SDA internasional IUCN telah menetapkan tahun 2010 sebagai tahun biodiversitas atau tahun keanekaragaman hayati. Secara khusus di tahun ini juga, berdasarkan sistem penanggalan Cina, tahun ini kita peringati sebagai tahun Harimau. Momentum ini jangan sampai terlepas. Mari kita pastikan bersama bahwa tahun 2010 kita manfaatkan untuk menggalang semangat, komitmen dan usaha bersama untuk melindungi Harimau Sumatra.

3 thoughts on “Harimau Sumatra Hanya No. 5

  1. halo mas swis,,
    balasnya baru skarang nih kepotong libur akhir minggu dan harkitnas (hari kejepit nasional., :p)
    jadi, berdasarkan PP No. 57 Tahun 2008 tentang Arahan Strategis Konservasi Spesies Nasional 2008-2018, untuk kelompok mamalia, spesies prioritas sbb:
    1.Pesut mahakam Orcaella brevirostris
    2. Badak sumatra Dicerorhinus sumatraensis
    3. Musang Sulawesi Macrogalidia muschenbroekii
    4. Babi kutil Sus verrucosus
    5. Harimau sumatera Panthera tigris sumatrae
    6. Gajah sumatera Elephas maximus
    7. Babirusa Babirousa babyrussa

    daftarnya masih sampai 17 spesies. kalau belum ada PP nya, aku bisa kirimkan filenya via Japri. atau., ajarin cara naruh file PDF dong di blog😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s