(Hari Ke 1) Petualangan Pertamaku

Oleh : Eka Septayuda

Aku (Eka) ibarat keong yang berjalan lambat, selama berpetualang aku selalu tertinggal di belakang  teman-temanku. Beban berat di pundakku menjadi teman setia selama berpetualang,  walaupun demikian aku tetap menikmatinya. Petualangan kali ini dilakukan selama tujuh hari bersama Tim Riset Harimau (Zulfahmi, Kusdianto, Fendy, Agung, Eggy dan Mambo), dengan maksudmemasang kamera jebak yang di gunakan untuk mendapatkan gambar Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae). Kamera jebak di pasang pada titik-titik temuan yang telah di survei pada bulan November.

Tim Riset

Hari pertama pertualanganku bersama tim di drop pada areal  kebun sawit yang berbatasan langsung dengan hutan. Peralatan kamera dan logistik untuk beberapa hari  diturunkan dari mobil ranger  dan serapih mungkin di packing masuk carrel.…ho…ho…semangat.

Tim & Kamera Jebak

Pertulanganku di mulai dengan bergaya celana pendek dengan sandal gunung berkaos kaki ,lalu aku melenggang begitu gagahnya…muji diri sendiri dalam hatiJ. Satu kilo setengah berjalan tim berhenti istirahat di tepi sungai  masak buat makan siang sambil melepas waktu sholat jum’at. Semua teman  mulai mengambil kesibukannya masing-masing seperti fendy  yang mencari kayu bakar, kusdianto yang menggiling cabe, egy sibuk menggoreng lauk, mambo yang sibuk mendokumentasi dan zul dengan agung mengasah parang supaya tajam. Aku sendiri mencuci beras.

Egy & Peralatan Masak

Satu jam berlalu masakan siap di santap, sambil menikmati suara alam dan aliran sungai yang mengalir menjadikan makan siang begitu nikmat..nyaumiiii, selesai makan teman-teman bersiap-siap memasukan peralatan masak yang sudah selesai di pakai ke dalam tas ransel masing-masing dan aku juga mengikutinya. Sambil memasukan peralatan ke dalam tas ransel dalam hatiku sedikit mengerutuk berkata kaya di medan perang saja dan tak sedikit pun ada waktu untuk nasi turun keperut dulu….HuftL

Dengan merasa sedikit kecewa mau ngga mau harus mengikuti teman-teman yang bergaya tentara siap untuk berjalan menuju target camp pertama, tantangan pertama perjalanan setelah makan adalah pendakian yang tidak begitu tinggi tapi panjang. Tadinya biasa saja saat mulai pendakian, tapi lama kelamaan beban di pundak ini mulai membuatku terasa berat untuk melangkah, di pertengahan pendakian aku mulai merasakan perut tidak enak dan mata berkunang-kunang di barengin dengan keringat yang keluar dari mukaku. Sambil berjalan dalam hati berkata “ibarat keong”  yang berjalan sangat lambat dan terkadang ak berhenti sejenak untuk mengambil nafas lalu berjalan. Jauh sudah aku tertinggal di belakang dari teman-temanku, tapi ada dua teman yang selalu mau menungguku terima kasih buat agung dan mambo..

Pendakian Yang Panjang

Pendakian panjang sedikit lagi berakhir dalam hatiku bicara dan teman-teman yang lain sudah menungguku di atas sambil merokok dan bercanda, melihat aku yang baru datang sambil tarik nafas panjang. Mereka semua pada tertawa, baru saja duduk kepalaku mulai kunang-kunang dan perut mulai tidak enak rasanya ingin meledak ingin mengeluarkan semua isi perut ini.  terlalu berat di tahan akhirnya aku muntahkan saja dan nasi yang baru diisi tadi keluar semua…plong rasanya walaupun dengan wajah pucatku terduduk sambil menahan lelah dan keringat bercucuran sebesar-besar jagung keluar dari raut wajahku. Sambil tersenyum aku berkata pada teman-teman emang dasar kalian seperti tentara saja dan teman-teman semua tertawa…hahaha…karena melihat semua tertawa aku ikut tertawa…

Setengah jam berlalu dan istirahat selesai perjalanan masih sekitar satu setengah kilo lagi sampai camp pertama, aku sudah siap untuk mulai berjalan lagi. Sekarang aku sedikit mulai terbiasa dengan beban di pundak ini. Kondisi jalan sudah mulai datar dan tidak ada pendakian, tempo jalanku sedikit  mulai cepat. Tapi tetep tidak bisa mengikuti teman-teman yang sudah terbiasa berjalan dengan beban di pundak, walaupun begitu aku tetep semangat biar ibarat keong yang berjalan lambat aku kan menikmati perjalanan ini

Tempat camp masih sekitar seratus meter lagi, tapi suara tawa dari teman-teman yang lebih dulu sampai terdengar memecah kesunyian hutan yang mulai gelap, aku yang begitu lelah jadi tidak terasa karena mendengar tawa sambil membuat mendirikan tenda. Lalu aku menurunkan beban di pundak, istirahat bentar melepas lelah sambil menikmati teh hangat dan berpikir sejenak tentang apa yang aku lalui tadi dalam perjalanan, hampir tidak mungkin aku melakukan itu, tapi itu memang terjadi. rasa senang bercampur lelah,….Sekarang aku mau mandi, supaya biar seger lagi badan ini…

Kumandang  suara egy memanggil teman-teman yang sedang mandi menandakan makan malam sudah siap,…ayo makan…ayo makan…dengan nada seperti komandan tentara yang memanggil anak buahnya, aku langsung bergegas cepat menyelesaikan mandi. di camp aku melihat egy sedang membagikan nasi di piring dan fendy membagikan lauknya. Menu makan malam ini sangat mewah dengan lauk ikan goreng hasil dari pasang jaring agung.

Ikan Goreng

Setelah selesai makan malam jeda bebera saat untuk menurunkan nasi lalu tim diskusi membahas pemasang kamera dan sambil menunggu susu yang di buat oleh mambo dan egy. Diskusi sambil di temani susu hangat dan kacang kulit, menjadikan malam ini begitu indah…hehehe…yang pasti malam ini malam pertamaku di hutan bersama dengan teman-tim riset dan membuatku bahagia, karna situasi ini jarang sekali terjadi buatku dengan seluruh tim riset yang turun. Tapi aku sedikit sedih Mila tidak bisa ikut bersama kami:-(, smoga saat pengecekkan bulan besok mila bisa ikut. Tak terasa waktu sudah menunjuk 23 :30  sleepingbag dan matra mulai di keluarkan dari tas ransel, esok berjalan sejauh enam kilo menuju sungai batang ulak,….waktunya berdoa sebelum tidur dan met tidur wahai penghuni alam, sampai jumpa esok pagi…zZz…zZz,….Amiennnn….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s