Disaat hutan tak lagi sempurna

Oleh : Kusdianto

 


Hutan disulap menjadi lahan Perkebunan dan

Pemukiman masyarakat

Perkampungan masyarakat yang terdapat dikawasan Ex.PT IFA

Perkampungan masyarakat yang terdapat dikawasan Ex.PT IFA

Daerah yang ada dikawasan hutan Exs PT IFA beberapa tahun silam merupakan kumpulan pohon-pohon lebat yang rapat. Beberapa bagiannya juga terdapat bencah, tanah berair. Sekarang pemandangan seperti itu susah ditemui didaerah ini. Meskipun masih ada pepohonan tetapi tidak lagi rapat. Kawasan tersebut telah banyak yang mendiaminya. Telah banyak masyarakat yang membuat perkampungan dikawasan ini. Satu diantara perkampungan penduduk dikawasan ini adalah Estapet. Penduduk yang membuat perkampungan didaerah ini menyulap pepohonan besar dan lebat menjadi rumah dan areal lahan perkebunan. Kawasan ini dahulunya masih banyak didiami si datuk besar yakni gajah, sekarang mereka seperti kebingungan mencari tempat tinggal mereka yang aman dan nyaman.

Seperti sebuah mimpi, hutan yang dulunya adalah rumah bagi para binatang dan tempat dimana mereka mencari makan. Sekarang telah menjadi perkampungan, dan ladang masyarakat. Kawasan hutan exs PT.IFA ini contohnya. Tiada lagi tempat para binatang untuk berlindung, seperti gajah dan harimau. Pembukaan lahan yang dilakukan oleh masyarakat untuk dijadikan perkampungan dan lahan perkebunan, membuat gajah dan harimau kehilangan tempat tinggal. Sungguh menyedihkan…..!! Padahal didaerah ini masih terdapat beberapa sekumpulan gajah liar dan harimau Sumatera.

Pembukaan lahan oleh masyarakat dikawasan Ex.PT IFA

Pembukaan lahan oleh masyarakat dikawasan Ex.PT IFA

Jadi, tidak heran bila kita pergi kedaerah ini akan menjumpai sekumpulan gajah-gajah liar yang berliaran. Bahkan kadang kala para gajah-gajah liar ini merusak rumah dan tanaman masyrakat yang ada disekitar daerah ini. Masyarakat yang bermukim didaerah ini rata-rata berasal dari luar daerah. Dan jumlahnya lumayan cukup banyak, hingga mencapai sekitar 800 kepala keluarga.

Camera Trap

Zulfahmi sedang melakuka pemasangan camera trap

Zulfahmi sedang melakukan pemasangan camera trap

Ada beberpa lokasi pemasangan camera trap dikawasan hutan PT. Lestari Asri Jaya dan Hutan lindung Bukit Sosah.  Dan terdapat dua jenis camera yang dipasang dikawasan ini yaitu jenis Bussnel dan Reconix. Camera ini dipergunakan untuk merekam keberadaan satwa-satwa liar yang terdapat dikawasan ini, terutama Harimau Sumatra ( Panthera tigris sumatrae ).

Jika anda melewati atau memasuki hutan PT. Lestari Asri Jaya dan Hutan Lindung Bukit Sosah ini, anda harus berhati-hati, karena disana terdapat beberapa camera pengintai yang siap menjempret anda. Camera yang memiliki sensor imframerah yang telah didesain dalam camera tersebut, camera ini akan menyempret dengan sendirinya jika ada benda yang melintasinya.

Hujan yang mengguyur di akhir-akhir bulan januari ini sampai minggu pertama bulan pebruari, tidak menyurutkan semangat kami untuk terus berjuang mencari lokasi yang tepat untuk dilakukan pemasangan camera. Camera trap ( kamera jebakan ) akan menjadi saksi bisu, bahwa dikawasan ini masih terdapat harimau Sumatera ( Panthera tigris sumatrae ).

Kawasan hutan PT.Lestari Asri Jaya dan hutan lindung bukit sosah menjadi tempat tinggal harimau sumatera saat ini. Walaupun kawasan ini kurang begitu nyaman bagi mereka, namun hanya inilah tempat yang bisa dijadikan rumah bagi harimau yang ada disekitar daerah ini. Apalagi kawasan PT.Lestari Asri Jaya ini, tidak akan lama lagi akan dijadikan hutan industri. Sekarang saja telah banyak masyarakat yang mulai membuka lahan didaerah ini untuk dijadikan lahan perkebunan. Hanya hutan lindung bukit sosah yang menjadi harapan kita kedepan nya, untuk menjadi rumah bagi harimau tersebut. Mengingat inilah harimau satu-satunya yang masih bertahan di Indonesia, setelah harimau Jawa dan Bali punah. Semoga hutan lindung bukit sosah tetap bisa bertahan.

Jejak Harimau sumatera yang ditemukan dikawasan hutan PT.LAJ

Jejak Harimau sumatera yang ditemukan dikawasan hutan PT.LAJ

Setelah dilakukan penjelajahan dikawasan ini, terdapat beberapa titik keberadaaan harimau Sumatera yang ditemui, baik itu merupakan tanda tapak / jejak, kotoran maupun tanda cakaran nya dipohon. Untuk merekam keberadaan nya ini, maka dilakukan pemasangan camera penjebak pada dua puluh titik pemasangan. Dengan jarak antara camera yang satu dengan yang lainnya berjarak sekitar dua kilometer. Kamera dipasang berpasangan, agar kita mendapatkan kedua sisinya yaitu sisi kiri dan kanan.

Camera jenis bussnel memakai image size 5 M pixel, dengan capture number 2 photo, dan intervalnya 15 detik, serta menggunakan sensor level normal / high. sedangkan camera jenis reconix menggunakan sensitive medium, dengan picture per trigger 2, picture interval 3, dan quid period 30 detik, serta resolutionnya 3,1 mp.

Camera trap dan peralatannya

Camera trap dan peralatannya

Beberpa lokasi keberadaan harimau sumatera yang ditemukan dikawasan hutan PT.Lestari Asri Jaya

Nama umum Nama latin GPS keterangan
 

Harimau

Panthera tigris sumatrae _ Tapak / Jejak
 

Harimau

Panthera tigris sumatrae _ Tapak / Jejak
 

Harimau

Panthera tigris sumatrae _ Kotoran

Pemasangan camera dilakukan selama dua mingguan, mulai dari akhir bulan januari sampai pertengahan bulan pebruari. Sebelumnya telah dilakukan pra survey terhadap kawasan ini, namun setelah di nyatakan bisa untuk dilakukan pemasangan. Maka barulah dilakukan pemasangan camera tersebut. Dan pada akhir bulan pebruari ini akan dilakukan kembali pengecekkan terhadap camera – camera tersebut.

Semoga camera-camera yang dipasang pada dua kawasan ini dapat merekam keberadaan harimau Sumatera tersebut.

*****Salam rimba*****

3 thoughts on “Disaat hutan tak lagi sempurna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s