7 Hari Seminggu Menjadi Penggiat Lingkungan

>siapa bilang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan itu susah atau ribet? ternyata tidak sama sekali! berikut beberapa contoh yang bisa kita lakukan di rumah, di kantor, di lingkungan manapun kita berada. ayo kita buat perubahan untuk bumi tercinta<

Setiap minggu adalah awal baru untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan.  Lakukan dengan gembira dan sadari bahwa setiap tindakan Anda membawa perubahan yang bermanfaat bagi alam. Berikut tips untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan setiap hari, mulai hari Senin hingga hari Minggu yang diadaptasi dari tulisan blog Julie Urlaub, Managing Partner, Taiga Company yang juga dipublis hijauku.com.

Hari Senin – Menghindari Kertas:

Produksi kertas dari serat alami membutuhkan banyak energi dan air.  Proses produksi kertas juga melepaskan gas rumah kaca ke udara.  Anda bisa membantu menghemat kayu, air dan energi serta mengurangi polusi dan sampah jika Anda mau menggunakan kertas daur ulang atau memilih untuk tidak menggunakan kertas sama sekali .

Hari Selasa – Menghijaukan Kantor:

Ingatlah bahwa semua pekerjaan bisa menjadi kegiatan yang ramah lingkungan tergantung bagaimana kita menjalankannya.  Salah satu caranya adalah dengan menciptakan program cinta lingkungan dalam organisasi Anda dengan mengidentifikasi proyek serta wilayah “hijau” yang potensial.  Pendekatan lain adalah dengan menciptakan tempat kerja yang ramah lingkungan.  Cek artikel-artikel di situs ini mengenai cara menciptakan kantor yang ramah lingkungan.

Hari Rabu – Menghemat Air:

Air yang segar dan bersih menjadi isu penting tidak hanya di negara berkembang namun juga di seluruh dunia.  Setiap aspek kehidupan di muka bumi ini selalu berhubungan dengan air dan air juga berinteraksi langsung dengan konsep ramah lingkungan yang lain.  Belajarlah menggunakan air secara bijaksana untuk memperbaiki catatan penggunaan air (Water Footprint) Anda.

Kamis – Saatnya Berpetualang:

Coba moda transportasi yang berbeda.  Dengan menggunakan transportasi alternatif, Anda bisa membantu mengurangi pemakaian energi, menghemat sumber daya alam, mengurangi kemacetan, menghemat biaya (BBM dan parkir), serta mengurangi polusi udara.  Ada beberapa ide yang menyenangkan yang layak untuk Anda coba seperti berbagi tumpangan (carpool), naik bis, naik kereta, bersepeda atau bahkan bekerja dari rumah.

Jum’at – Bersenang-senang:

Babat pemborosan energi dengan praktik efisiensi: Departemen Energi AS menyatakan, barang-barang elektronik terus mengonsumsi listrik walau sudah dimatikan. Hampir 75% listrik yang dikonsumsi oleh barang elektronik dipakai saat perabot elektronik itu dalam keadaan mati (idle). Jadi terapkan praktik efisiensi energi yang ramah lingkungan untuk menghemat energi.

Sabtu – Mendaur Ulang Sampah:

Hindari menciptakan sampah, hancurkan atau daur ulang bila ada sampah yang tersisa.  Konsep ini adalah bagian dari prinsip 3 R: reduce (kurangi), reuse (pakai kembali) dan recycle (daur ulang).  Untuk mengetahui sampah-sampah apa yang bisa Anda hindari, tengok dan dan analisis sampah apa saja yang ada di tempat sampah Anda.

Minggu – Membersihkan Rumah dengan Cara yang Ramah Lingkungan:

Pembersih rumah biasa mengandung bahan-bahan beracun dan berbahaya. Ganti pembersih biasa dengan pembersih yang ramah lingkungan. Anda bisa memperbaiki kualitas udara dalam ruang sekaligus mengurangi produksi bahan-bahan kimia senilai US$8 miliar yang dikonsumsi oleh produsen pembersih ruangan.  Dengan menggunakan pembersih alami Anda akan bisa bernafas lega karena rumah Anda bebas dari bahan-bahan kimia beracun.***

copas dari http://www.beritalingkungan.com/greentips/menjadi-penggiat-lingkungan-7-hari-seminggu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s