Sempidan Biru: Si Cantik Bermuka Biru dari Sumatera

Siapa yang cantik berwarna biru? Justin Bieber? ahhh tentu saja bukan. si cantik dan bermuka biru adalah Sempidan biru Lophura ignita atau dalam bahasa inggrisnya Crested fireback. Jenis unggas ini termasuk famili Phasianidae dengan ciri-ciri untuk yang jantan berjambul hitam; kulit muka biru; tunggir coklat berangan; ekor berwarna dua, sedangkan yang betina bulu utama coklat; kulit muka biru; bagian bawah bersisik putih. Panjang tubuh jantan mulai dari 65-70 cm dan panjang ekor 24-30 cm sedangkan beratnya berkisar antara 1812-2605 gr. Untuk betina panjang tubuh berkisar 56-57 cm dengan panjang ekor 15-19 cm dan beratnya 1600 gr.

Sempidan Biru Lophura ignita rufa

Daerah distribusi Sempidan biru mencakup Brunei Darussalam, Thailand, Indonesia, Malaysia dan Myanmar. Untuk di Indonesia, unggas ini dapat di temukan di hutan-hutan di Sumatera dan Kalimantan. Perbedaan antara Sempidan biru di Sumatera (Lophura ignita rufa) dan di Kalimantan (Lophura ignita nobilis) terletak pada ekor, kalau di Sumatera bagian ekornya berwarna putih dan hitam, sedangkan yang di Kalimantan bagian ekornya berwarna kuning dan hitam.

Sempidan biru diketahui sangat menyukai hutan dataran rendah termasuk hutan sekonder dan bahkan hutan yang sedikit terbuka karena ditebangi. Unggas ini mengkonsumsi dedaunan, biji-bijian dan serangga. Dari camera trap (kamera jebak) yang digunakan untuk survei pemantauan Harimau sumatera di Lanskap Tesso Nilo-Bukit Tigapuluh, keberadaan Sempidan biru ditemukan di koridor hutan Suaka Margasatwa Rimbang Baling dan Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Ada 13 foto Sempidan biru yang diperoleh dari survei tahun 2005 dan 5 foto pada survei tahun 2011 dengan aktivitas harian terekam di pagi hari jam 6-8 dan sore hari jam 4-5.

Hilangnya hutan dan kerusakan habitat menjadi penyebab populasi alami burung ini semakin terancam. Meski IUCN mencatat status keterancaman Sempidan biru berada di Near Threatened (NT), namun belum ada status perlindungan yang disematkan kepada Sempidan biru oleh Pemerintah Indonesia.

Kira-kira peran Sempidan biru di ekosistem hutan Sumatera apa ya? penelitian khusus tentang unggas cantik ini sangat minim. Mungkin dengan mengetahui perannya di alam, akan menjadi satu diantara beberapa ‘senjata’ mengapa melindungi hutan alam sangat penting. ada yang tertarik penelitian unggas cantik bermuka biru ini?

Pustaka:

IUCN Red List http://www.iucnredlist.org

LIPI – Seri Panduan Lapangan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan

ARKive Images of Life on Earth http://www.arkive.org/crested-fireback/lophura-ignita/image-G22227.html#text=All

One thought on “Sempidan Biru: Si Cantik Bermuka Biru dari Sumatera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s