Berburu ikan ketemu “Pemburu” ikan

Seperti biasanya hari-hari di lapangan, aktivitas dijalani dari pagi hingga pagi lagi begitu seterusnya. Mulai mempersiapkan kebutuhan kegiatan lapangan hinggga istirahat semua berlalu sepanjang hari. Setelah seharian berkutat dengan pengumpulan data lapangan, saat tiba senja hingga menjelang terbit matahari di lewati dengan aktivitas kecil sembari istirahat di sekitar camp.

Pengukuran diameter pohon pada plot sampling cadangan karbon di TNTN

Pengukuran diameter pohon pada plot sampling cadangan karbon di Taman Nasional Tesso Nilo

Namun hari ini cuaca sangat bersahabat, tidak seperti hari-hari sebelumnya yang selalu turun hujan di kala langit mulai terlihat gelap. “Wah cuacanya bagus malam ini” ujarku selepas makan malam. Sejenak terlintas ide di otak untuk pergi memancing di sungai dekat camp. Sembari menunggu asupan yang baru dikonsumsi nyaman diperut, peralatan dan kebutuhan mancing dipersiapkan.

Beberapa anggota tim satu persatu mulai bergerak menuju hilir sungai lengkap dengan peralatan memancing. Sementara aku masih bimbang sejenak menentukan tujuan, kuputuskan tujuan memancing ke hulu sungai tidak jauh dari camp.

Perburuan dimulai, Beberapa saat tidak ada pergerakan di ujung kail..”namanya juga berburu,meski sabar” gumamku dalam hati. Nyamuk dan Agas setia menemani sesekali dengan gigitan dan nyanyian sumbang di daun telingah kiri dan kanan, orkestra wajib ditepi sungai gak boleh nolak pastinya…heheheehehe.

Saat yang di nanti-nanti tak kunjung datang, seakan mengisaratkan untuk pindah spot mancing yg lain. Sesaat kemudian aku mulai bergerak ke hulu dengan beberapa kali mencoba meletakkan ujung kail kedasar sungai. masih sama halnya yang terjadi beberapa saat yg lalu pada ujung kailku. sehingga pergerakkan semakin menjauh kearah hulu sungai. Satu spot mancing terpilih dengan harapan ada keberuntungan.

Dengan bermodalkan kesabaran akhirnya keberuntungan mulai mendekat, gerakan demi gerakan mulai rajin terjadi diujung kail. bebrapa ekor ikan berbagai ukuran dan jenis mulai berlabuh kedaratan.

Tetap fokus mengawasi gerakan-gerakan diujung kail hingga beberapa saat, sampai lupa mengawasi tempat sekitar. sayup – sayup cengkrama anggota tim yang lain di camp terdengar dari tempatku memancing. Dan akhirnya ada gerakan yang memancingku untuk segera mengamatinya. Setelah tau sumber gerakan itu, sejenak konsentrasiku kosong tak tau untuk ngapain…

Setelah menyadari bahwa yang membuat gerakan mendekat  kearahku, dengan dibantu dengan penerangan lampu kepala (Headlamp) yang cukup bagus,  berjarak sekitar 7 meter terlihat jelas seekor Macan Dahan (Nofelis diardi).

Seekor Macan dahan (Neofelis diardi) sedang mengamati sesuatu dari atas batang kayu yang melintang di atas sungai

Seekor Macan dahan (Neofelis diardi) sedang mengamati sesuatu dari atas batang kayu yang melintang di atas sungai

Dengan tenang segera kukeluarkan camera dari dalam daypack yang melekat dipunggung. Takut akan kehilangan momen beberapa photo berhasil kurekam tanpa menyadari bahwa ketersedian batterai kamera di ambang kehilangan daya…

Beberapa saat macan dahan(Neofelis diardi) memperhatikan sungai yang mengalir dibawahnya, mungkin ia juga mencoba keberuntungan sama seperti saya, namun dengan caranya sendiri. memang ada rasa kesal pada diri sendiri, gara-gara batterai kehilangan momen yang sangat berharga sekali. Sejalan dengan pergantian batterai kamera, Macan dahan (Neofelis diardi) berlalu pergi menjauh dan tak terlihat lagi.

Malam pun mulai beranjak larut, segera kukemas beberapa ekor ikan hasil buruan malam ini dan selanjutnya bergerak menyusur tepi sungai menuju pulang ke camp.

By: Eggy Phinoes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s